Pendahuluan
Seni Budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah untuk mengembangkan kreativitas dan apresiasi terhadap seni dan budaya. Silabus Seni Budaya kelas 12 telah disusun untuk memberikan panduan kepada guru dan siswa dalam pembelajaran mata pelajaran ini. Silabus ini akan membahas materi-materi yang akan dipelajari selama satu tahun ajaran.
Visi dan Tujuan Pembelajaran
Visi pembelajaran Seni Budaya kelas 12 adalah mengembangkan pemahaman siswa tentang seni dan budaya Indonesia serta meningkatkan keterampilan dalam berbagai bentuk seni. Tujuan pembelajaran ini adalah agar siswa dapat mengapresiasi dan menginterpretasikan karya seni, serta mampu menghasilkan karya seni yang kreatif dan berkualitas.
Materi Pembelajaran
Pada kelas 12, siswa akan mempelajari berbagai macam materi yang terkait dengan seni dan budaya Indonesia. Beberapa materi yang akan dipelajari antara lain:
1. Seni Rupa
Siswa akan mempelajari sejarah seni rupa Indonesia, teknik dan media seni rupa, serta mengembangkan keterampilan dalam menghasilkan karya seni rupa.
2. Seni Musik
Di dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas 12, siswa akan belajar tentang alat musik tradisional Indonesia, teori musik, serta mengembangkan kemampuan dalam memainkan alat musik.
3. Seni Tari
Siswa akan mempelajari berbagai jenis tarian tradisional Indonesia, gerak tari, serta mengembangkan keterampilan dalam menari.
4. Seni Teater
Materi seni teater meliputi sejarah teater Indonesia, teknik-teknik drama, serta mengembangkan keterampilan dalam berakting dan menghasilkan pertunjukan teater.
5. Seni Film
Pada mata pelajaran Seni Budaya kelas 12, siswa akan belajar tentang sejarah film Indonesia, teknik pembuatan film, serta mengembangkan kemampuan dalam membuat film pendek.
Metode Pembelajaran
Dalam pembelajaran Seni Budaya kelas 12, guru akan menggunakan berbagai metode yang menarik agar siswa dapat lebih aktif dan kreatif dalam belajar. Beberapa metode pembelajaran yang digunakan antara lain:
1. Diskusi Kelompok
Siswa akan dikelompokkan dan diberikan topik-topik terkait seni budaya untuk didiskusikan bersama. Tujuan dari metode ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi antar siswa.
2. Praktik Seni
Siswa akan langsung mempraktikkan apa yang dipelajari dalam pembelajaran seni budaya, seperti membuat karya seni rupa, menari, atau berakting. Metode ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam berbagai bentuk seni.
3. Kunjungan ke Tempat Seni
Siswa akan diajak mengunjungi tempat-tempat seni, seperti museum seni, pertunjukan tari, atau pameran seni rupa. Tujuan dari metode ini adalah untuk memperluas pengetahuan siswa tentang seni dan budaya Indonesia.
4. Presentasi
Siswa akan diminta untuk membuat presentasi tentang topik-topik terkait seni budaya. Metode ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum serta meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
Penilaian
Dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas 12, siswa akan dinilai melalui berbagai bentuk penilaian. Beberapa bentuk penilaian yang digunakan antara lain:
1. Penilaian Keterampilan
Siswa akan dinilai berdasarkan keterampilan dalam menghasilkan karya seni, seperti lukisan, tarian, atau pertunjukan teater.
2. Penilaian Pengetahuan
Siswa akan mengikuti ujian tulis atau tes terkait pengetahuan tentang seni budaya Indonesia.
3. Penilaian Proyek
Siswa akan diminta untuk membuat proyek seni, seperti film pendek atau pameran seni rupa. Proyek ini akan dinilai berdasarkan kreativitas dan keberhasilan siswa dalam mengaplikasikan materi pembelajaran.
Kesimpulan
Silabus Seni Budaya kelas 12 merupakan panduan pembelajaran yang penting bagi guru dan siswa dalam mempelajari seni dan budaya Indonesia. Dengan mengikuti silabus ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemahaman dan keterampilan dalam berbagai bentuk seni, serta meningkatkan apresiasi terhadap seni dan budaya Indonesia.