Pendahuluan
Penelitian skripsi eksperimen merupakan salah satu jenis penelitian yang sering dilakukan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Dalam penelitian ini, mahasiswa PGSD melakukan percobaan atau eksperimen untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Dalam artikel ini akan disajikan contoh judul skripsi eksperimen PGSD yang dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa yang sedang mencari ide penelitian.
1. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Metode pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah TGT (Teams-Games-Tournament).
Dalam penelitian ini, sampel penelitian adalah siswa kelas V di salah satu SD di Kota Jakarta. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif.
2. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap minat baca siswa di sekolah dasar. Media pembelajaran audiovisual yang digunakan dalam penelitian ini adalah video animasi cerita pendek.
Sampel penelitian adalah siswa kelas IV di salah satu SD di kota Bandung. Data penelitian dikumpulkan melalui angket minat baca siswa sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran audiovisual. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat baca siswa setelah menggunakan media pembelajaran audiovisual.
3. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Mata Pelajaran IPA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mata pelajaran IPA. Dalam penelitian ini, siswa diberikan tugas pemecahan masalah yang berkaitan dengan materi IPA yang sedang dipelajari.
Sampel penelitian adalah siswa kelas VI di salah satu SD di kota Surabaya. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran PBL. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penerapan model pembelajaran PBL.
4. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Media pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat lunak pembelajaran interaktif.
Sampel penelitian adalah siswa kelas III di salah satu SD di kota Semarang. Data penelitian dikumpulkan melalui angket motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi.
5. Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa dalam mata pelajaran seni budaya. Dalam penelitian ini, siswa diberikan tugas proyek yang melibatkan kegiatan kreatif dalam seni budaya.
Sampel penelitian adalah siswa kelas V di salah satu SD di kota Makassar. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kreativitas siswa sebelum dan setelah penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa setelah penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek.
Kesimpulan
Dalam penelitian skripsi eksperimen PGSD, terdapat berbagai judul penelitian yang dapat dijadikan referensi. Penggunaan metode pembelajaran kooperatif, media pembelajaran audiovisual, model pembelajaran Problem Based Learning, media pembelajaran berbasis teknologi, dan metode pembelajaran berbasis proyek memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa, minat baca siswa, kemampuan pemecahan masalah siswa, motivasi belajar siswa, dan kreativitas siswa. Dengan melakukan penelitian eksperimen, mahasiswa PGSD dapat menguji hipotesis yang telah dirumuskan dan memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan di sekolah dasar.